Kamis, 26 April 2012

TUGAS 6

FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INVESTASI DALAM PEREKONOMIAN SUATU NEGARA

Investasi adalah suatu istilah dengan beberapa pengertian yang berhubungan dengan keuangan dan ekonomi. Istilah tersebut berkaitan dengan akumulasi suatu bentuk aktiva dengan suatu harapan mendapatkan keuntungan dimasa depan. Terkadang, investasi disebut juga sebagai penanaman modal. Investasi adalah keputusan menunda konsumsi sumber daya atau bagian penghasilan demi meningkatkan kemampuan, menambah/menciptakan nilai hidup (penghasilan dan kekayaan). Investasi bukan hanya dalam bentuk fisik, melainkan juga non fisik, terutama peningkatan kualitas sumber daya manusia.
Aktivitas investasi merupakan faktor yang sangat penting dalam menggerakkan dan mendorong pertumbuhan ekonomi suatu negara. Namun ada berbagai pertimbangan yang dirasa perlu oleh para investor yang membuat harapan masuknya investasi, terutama investasi asing terkadang masih sulituntukdiwujudkandiIndonesia.
Banyak factor yang mempengaruhi tingkat Investasi dalam perekonomian suatu Negara, diantaranya adalah :

1.      Prospek Ekonomi dimasa yang akan datang
Dengan adanya ketidakpastian serta banyaknya kemungkinan kondisi ekonomi berubah, menjadikan kegiatan mendapatkan dana untuk investasi tidak mudah. Setiap investor tentu menghendaki adanya resiko yang sekecil mungkin dengan tingkat keuntungan yang baikdari dana yang ia investasikan. Untuk itu dibutuhkan suatu proses peramalan guna mwngurangi ketidakpastian masa yang akan dating itu. Dengan semakin baiknya hasil peramalan, maka semakin besar dan baik pula iklim investasi yang akan terjadi.
2.      Keuntungan yang dicapai perusahaan
Dalam kegiatan investasi, ketika keuntungan yang diperoleh besar dan kian lama semakin besar, maka investor juga akan semakin besar dan semakin terbuka pula kesempatan sebagaian dari keuntungan tersebut untuk di investasikan kembali ke dalam kegiatan perusahaan.
3.      Perubahan dan perkembangan teknologi
Di zaman yang semakin modern, perubahan teknologi pun semakin berkembang cepat, hal ini akan memacu setiap pelaku usaha untuk menginvestasikan dananya guna mengikuti perkembangan dan kemajuan teknologi tersebut.
4.      Kestabilan perekonomian Negara
para investor akan terdorong untuk semakin banyak menginvestasikan uangnya jika dalam suatu Negara mampu menjamin adanya kestabilan dalam bidang ekonomi, politik, social dan budaya. Karena tentunya itu akan menguntungakan bagi perkembangan perekonomian secara umum.

5.      Tingkat suku bunga
Tingkat suku bunga yang tinggi akan menyebabkan dana yang diperoleh dengan kredit untuk investasi menjadi mahal. Akibatnya akan membebani proses produksi dengan biaya yang tinggi, yang berakibat lanjut tidak efisiennya output yang dihasilkan . semakin rendah tingkat bunga, maka akan muncul kecendrungan dunia usaha untk memperbanyak pengeluaran investasi.
Kegiatan Investasi penting dalam menentukan besar/kecilnya pendapatan nasional dalam perekonomian. Dengan kata lain, perubahan sedikit saja damlam investasi , akan menyebabkan perubahan pendapatan nasional dengan presentase/jumlah yang jauh lebih besar. 


FAKTOR-FAKTOR PENENTU PERTUMBUHAN & PERUBAHAN STRUKTUR EKONOMI

Faktor-faktor Penentu Pertumbuhan Ekonomi:
a. Barang Modal
Agar ekonomi mengalami pertumbuhan, stok barang modal harus ditambah melalui investasi. Pertumbuhan ekonomi baru dimungkinkan jika investasi neto lebih besar dari nol. Sebab jika sama dengan nol, perekonomian hanya dapat berproduksi pada tingkat sebelumnya.
b. Tanaga kerja
Sampai sartini, khususnya di negara sedang berkembang, tenaga kerja masih merupakan faktor produksi yang sangat dominan. Penambahan tenaga kerja umumnya sangat berpengaruh terhadap peningkatan output. Namun, jumlah kerja kerja yang dapat dilibatkan dalam proses produksi akan semakin sedikit jika teknologi yang digunakan semakin tinggi.
c. Teknologi
Penggunaan teknologi yang semakin tinggi sangat memacu pertumbuhan ekonomi, jika hanya dlihat dari peningkatan output. Melalui penggunaan teknologi yang tepat guna, manusia dapat memanfaatkan secara optimal potensi yang ada dalam diri dan lingkungannya.

d. Uang
Dalam perekonomian modern. uang memegang peranan dan fungsi sentral. Uang bagi perekonomian ibarat darah dalam tubuh manusia Makin banyak uang yang digunakan dalam proses produksi, makin besar output yang lebih besar jika penggunaannya efisien.

e. Manajemen
Manajemen adalah peralatan yang sangat dibutuhkan untuk mengelola perekonomian modern, terutama bagi perekonomian yang sangat mengandalkan mekanisme pasar. Sistem manajemen yang baik terkadang jauh lebih berguna dibanding barang modal yang banyak, uang yang berlimpah, dan teknolohi tinggi. Suatu perekonomian yang tidak terlalu mengandalkan teknologi tinggi, namun dengan manajemen yang baik, mampu mempertahankan tingkat pertumbuhan ekonomi Yang tinggi.

f. Kewirausahaan (Entrepreneurship)
Para pengusaha memiliki perkiraan yang matang bahwa input yang dikombinasikannya akan menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat atau menjadi barang dan jasa yang akan dibutuhkan masyarakat. Kemampuan mengombinasikan input dapat disebut sebagai k.emampuan inovasi. Sejarah mencatat bahwa kemampuan inovasi tidak selalu dikaitkan dengan teknologi tinggi. Contohnya, produk Coca Cola, salah satu minuman ringan terlaris di dunia, dihasilkan oleh wirausaha Amerika Serikat.

g. informasi
Syarat agar pasar be adalah ado, Infomasi yang sempurna dan seimbang arus informasi, para pelaku ekonomi dapat mengambil keputusan dengan lebih cepat dan lebih baik.

 Struktur perekonomian adalah komposisi peranan  masing-masing sector dalam perekonomian baik menurut dunia usaha maupun bembagian sektoral kedalam sector primer, secunder dan tersier. Ada beberapa yang menentukan terjadinya perubahan struktur ekonomi antara lain.
1.      Produktivitas tenaga kerja per sector
2.      Adanya modernisasi dalam proses peningkatan nilai tambah
3.      Kreatifitas dan penerapan teknologi
4.      Kebijakan pemerintah
5.      Ketersediaannya infrasruktur

REVERENSI:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar