Sabtu, 14 April 2012

TUGAS 5


UPAYA PEMERINTAH MENGATASI KEMISKINAN

Kemiskinan merupakan masalah kompleks yang di hadapi oleh seluruh pemerintahan yang ada di dunia ini. Ia di pengaruhi oleh beberapa faktor yang saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya. Faktor tersebut antara lain tingkat pendapatan, pendidikan, kesehatan, akses barang dan jasa, lokasi geografis, gender dan kondisi lingkungan. Kemiskinan merupakan kondisi dimana seseorang tidak dapat memenuhi kebutuhan dasarnya dalam rangka menuju kehidupan yang lebih bermartabat. Oleh karena itu, kemiskinan wajib untuk ditanggulangi, sebab jika tidak tertanggulangi akan dapat mengganggu pembanguan nasional. Dan beberapa cara pemerintah dalam menanggulangi kemiskinan sebagai berikut :

1.      PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PHK)
PHK  adalah program perlindungan social yang memberikan bantuan tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin(RTSM). Program ini, dalam jangka pendek bertujuan mengurangi beban RTSM dan dalam jangka panjang diharapkan dapat memutuskan rantai kemiskinan antar generasi.

2.      BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS)
BOS adalah program pemerintah dalam memberikan pendanaan biaya nonpersonalia bagi satuan pendidikan dasar dan menengah pertama sebagai wujud pelaksanaan program wajib belajar 9 tahun.  BOS diprioritaskan untuk biaya operasional nonpersonal, meskipun dimungkinkan untuk membiayai beberapa kegiatan lain yang tergolong dalam biaya personil dan biaya investasi. Tujuan umum program BOS untuk meringankan beban masyarakat terhadap pembiayaan pendidikan dalam rangka wajib belajar 9 tahun yang bermutu. Sasaran program BOS adalah semua siswa (peserta didik) dijenjeng sekolah dasar (SD/MI) dan sekolah menengah pertama (SMP/MTs) termasuk sekolah menengah terbuka (SMPT) dan Pusat Kegiatan Belajar Mandiri (PKBM) yang diselenggarakan oleh masyarakat baik negri maupun swasta di seluruh Indonesia.

3.      PROGRAM BANTUAN SISWA MISKIN (BSM)
Kebijakan Bantuan Siswa Miskin (BSM) bertujuan agar siswa dari kalangan tidak mampu dapat terus melanjutkan pendidikan di sekolah. Program ini bersifat bantuan bukan beasiswa, karna jika beasiswa bukan berdasarkan kemiskinan melainkan prestasi. BSM adalah bantuan yang diberikan kepada siswa dari keluarga yang kurang mampu untuk dapat melakkukan kegiatan belajar di sekolah. Bantuan ini member peluang bagi siswa untuk mengikuti pendidikan di level yang lebih tinggi. Selain itu, bertujuan untuk mengurangi jumlah siswa putus sekolah akibay permasalahan biaya sekolah.

4.      PROGRAM JAMINAN KESEHATAN MASYARAKAT (JAMKESMAS)
Jamkesmas adalah program bantuan social untuk pelayanan kesehatan bagi masyarakat masyarakat miskkin dan hamper miskin. Tujuan jamkesmas adalah meningkatkan akses terhadap masyarakat miskin dn hampir miskin agar dapat memperoleh pelayanan kesehatan.

5.      PROGRAM BERAS UNTUK KELUARGA MISKIN (RASKIN)
Raskin adalah subsidi pangan yang diperuntukkan bagi keluarga miskin sebagai upaya dari pemerintah untuk meningkatkan ketahanan pangan dn memberi perlindungan bagi keluarga miskin. Pendistribusian beras ini di harapkan mampu menjangkau keluarga miskin dimana masing-masing keluarga akan menerima beras minimal 10kg/KK tiap bulan dan maksimal 20kg/KK.
Program ini bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran Rumah Tangga Sasaran (RTS) melalui pemenuhan sebagaian kebutuhan pangan pokok dalam bentuk beras dan mencegah penurunan konsumsi energy dan protein. Sert meningkatkan/membuka akses pangan keluarga memlalui pejualan beras kepada keluarga penarima manfaat dan jumlah yang telah ditentukan.

6.      MENDORONG PERTUMBUHAN YANG BERPIHAK KEPADA KELUARGA MISKIN
Fokus program ini bertujuan mendorong terciptanya dan terfasilitasinya kesempatan berusaha yang lebih luas dan berkualitas bagi masyarakat/keluarga miskin. Beberapa program yang berkenaan dengan fokus ini antara lain:

• Penyediaan dana bergulir untuk kegiatan produktif skala usaha mikro dengan pola bagi  hasil/syariah     dan konvensional.
• Bimbingan teknis/pendampingan dan pelatihan pengelola Lembaga Keuangan Mikro (LKM)/Koperasi Simpan Pinjam (KSP).
• Pelatihan budaya, motivasi usaha dan teknis manajeman usaha mikro
• Pembinaan sentra-sentra produksi di daerah terisolir dan tertinggal
• Fasilitasi sarana dan prasarana usaha mikro
• Pemberdayaan ekonomi masyarakat pesisir
• Pengembangan usaha perikanan tangkap skala kecil
• Peningkatan akses informasi dan pelayanan pendampingan pemberdayaan dan ketahanan keluarga
• Percepatan pelaksanaan pendaftaran tanah
• Peningkatan koordinasi penanggulangan kemiskinan berbasis kesempatan berusaha bagi masyarakat miskin.
7.      MENYEMPURNAKAN DAN MEMPERLUAS CAKUPAN PROGRAM PEMBANGUNAN BERBASIS MASYARAKAT
Program ini bertujuan untuk meningkatkan sinergi dan optimalisasi pemberdayaan masyarakat di kawasan perdesaan dan perkotaan serta memperkuat penyediaan dukungan pengembangan kesempatan berusaha bagi penduduk miskin. Program yang berkaitan dengan fokus ketiga ini antara lain :
• Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) di daerah perdesaan dan perkotaan
• Program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah
• Program Pembangunan Daerah Tertinggal dan Khusus
• Penyempurnaan dan pemantapan program pembangunan berbasis masyarakat.

REFERENSI :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar