Senin, 16 Maret 2015

APAKAH KLASIFIKASI AKUNTANSI TELAH KETINGGALAN ZAMAN???

KASUS 2-1 Apakah Klasifikasi Akuntansi Telah Ketinggalan Zaman?

1.   Apakah anda setuju dengan pendapat yang dikemukakan Cairn bahwa klasifikasi akuntansi terlalu sederhana dan kurang relevan dalam dunia usaha saati ini? Apakah usaha-usaha untuk mengklasifikasikan akuntansi tidak bermanfaat dan ketinggalan zaman? Mengapa atau mengapa tidak?

2.     Beberapa pengamat berpendapat bahwa pelaporan keuangan menjadi semakin mirip di kalangan perusahaan “kelas dunia” perusahaan-perusahaan multinasional terbesar di dunia dan khususnya yang mencatatkan sahamnya di bursa efek utama seperti London, New York, dan Tokyo. Apakah relevansinya akuntansi dan apa saja factor yang menyebabkan terjadinya hal ini?

Pendapat penulis:
1.     Tidak setuju. Tidak. Klasifikasi merupakan dasar untuk memahami dan menganalisis mengapa dan bagaimana system akuntansi nasional berbeda-beda. Kita juga dapat menganalisis apakah sistem-sistem tercenderung menyatu atau berbeda. Jadi tidak masalah jika ditemukan perbedaan klasifikasi disetiap Negara. David Chairns mengatakan bahwa Negara yang terus melakukan klasifikasi sedang mengabaikan apa yang terjadi di dunia, menurut saya tidak seperti itu. Mereka tidak mengabaikan hal itu karena dalam perkembangannya sendiri perusahaan bergantung pada pengetahuan, intuisi dan pengalaman. Pengetahuan dan pengalaman akan menggambarkan keadaan saat itu, jadi dalam melakukan mengklasifikasian mereka melihat keadaan saat itu sebagaimana apa yang terjadi di dunia.

2.   Pendapat diatas kurang relevan. Perusahaan multinasional semakin menyesuaikan laporan keuangan mereka untuk pengguna di seluruh dunia dengan tujuan sebagai informasi pengguna yang membutuhkan. Jadi pelaporan keuangan harus dibedakan antara tingkat domestik dengan tingkat internasional. Faktor yang menyebabkan adalah kemajuan teknologi yang memungkinkan akses ke informasi secara cepat. 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar