Sabtu, 31 Desember 2011

BAB I RUANG LINGKUP BISNIS

  1. PENGERTIAN BISNIS
Sering kali kita mendengar kata ‘Bisnis’, namun apakah kita tahu apa itu sebenarnya pengertian bisnis?..
Beberapa ahli seperti Griffin & Ebert mengemukakan bahwa Bisnis merupakan suatu organisasi yang menyediakan barang atau jasa yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan. Sedangkan Huat, T Chwee berpendapat bahwa Bisnis sebagai suatu sistem yang memproduksi barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan masyarakat. Dan  dalam arti luas Bisnis adalah istilah umum yang menggambarkan semua aktifitas dan institusi yang memproduksi barang & jasa dalam kehidupan sehari-hari. Dari kesimpulan diatas dapat disimpulkan bahwa Bisnis adalah kegiatan yang dilakukan oleh individu dan sekelompok orang (organisasi) yang menciptakan nilai (create value) melalui penciptaan barang dan jasa (create of good and service) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui transaksi.

  1. TUJUAN BISNIS
          Pada dasarnya bisnis bertujuan mencari keuntungan yaitu uang. Namun ketika kita melihat Steve Jobs yang mendirikan Apple, ia mengatakan bahwa waktu masih muda dia tidak peduli terhadap uang, karena tidak punya uang. Setelah sukses dia juga tidak peduli kepada uang, karena uangnya banyak. Uang baginya bukan tujuan utama membuat bisnis. Tapi passion merupakan dorongan utamanya. Baginya sukses adalah ketika kita bisa membuat bisnis yang kita sukai.
Selain keuntungan materi bagi perusahaan terdapat banyak hal lagi yang ingin di capai, seperti :
  • Market standing: yaitu penguasan pasar yang akan menjadi jaminan bagi perusahaan untuk memperoleh pendapatan penjualan dan profit dalam jangka panjang.
  • Innovation: yaitu inovasi dalam produk (barang atau jasa) serta inovasi keahlian. Tujuan bisnis yang ingin dicapai melalui inovasi adalah menciptakan nilai tamabah pada suatu produk, misalnya shampoo 2 in 1.
  • Physical and financial resources, perusahaan memiliki tujuan penguasaan terhadap sumber daya fisik dan keuangan untuk mengembangkan perusahaan menjadi semakin besar dan semakin menguntungkan.
  • Manager performance and development, manager merupakan orang yang secara operasional bertanggung jawab terhadap pencapaian tujuan organisasi. Untuk dapat mengelola perusahaan dengan baik, manager perlu memiliki berbagai kemampuan dan keahlian yang sesuai dengan profesinya. Maka diperlukan peningkatan kinerja dan pengembangan kemampuan manager melalui serangkaian kegiatan kompensasi yang menarik dan program training and development yang berkelanjutan.
  • Worker Performance and Attitude, untuk kepentingan jangka panjang, maka sikap para karyawan terhadap perusahaan dan pekerjaan perlu diperhatikan agar dapat bekerja dengan baik.
  • Public Responsibility, bisnis harus memiliki tanggung jawab sosial seperti memajukan kesejahteraan masyarakat, mencegah terjadinya polusi dan menciptakan lapangan kerja


  1. SISTEM PEREKONOMIAN DAN SISTEM PASAR

Sistem perekonomian adalah sistem yang di gunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut. Sistem perekonomian Indonesia adalah Sistem Perekonomian Pancasila yang artinya system perekonomian Indonesia adalah system ekonomi campuran yang berdasarkan nilai – nilai pancasila. System ini menganut system pasar yang beretika dimana ada pemerintah yang turut campur tangan untuk mengatur, mengawasi jalanya perekonomian agar tidak terjadi kecurangan oleh para pelaku ekonomi dalam hal ini pengusaha, sehingga persaingan usaha lebih sehat. Sistem ekonomi juga dapat dibedakan dari cara sistem tersebut mengatur produksi dan alokasi. Sebuah perekonomian terencana (planned economies) memberikan hak kepada pemerintah untuk mengatur faktor-faktor produksi dan alokasi hasil produksi. Sementara pada perekonomian pasar (market economic), pasar lah yang mengatur faktor-faktor produksi dan alokasi barang dan jasa melalui penawaran dan permintaan.

  1. Perekonomian terencana
    perekonomian terencana ada 2 yaitu komunisme dan sosialisme
-   sistem perekonomian komonisme adalah sistem perekonomian dimana peran pemerintah sebagai pengatur seluruh sumber-sumber kegiatan perekonomian
-   sistem perekonomian sosialisme adalah suatu sistem perekonomian  yang memberikan kebebasan yang cukup besar kepeda setiap orang untuk melaksanakan kegiatan ekonomi tetapi dengan campur tangan pemerintah

  1. Perekonomian pasar,
perekonomian pasar bergantung pada kapitalis dan liberalisme untuk menciptakan suatu lingkungan dimana produsen dan konsumen bebas menjual dan membeli brang yang mereka inginkan
 a. Sistem perekonomian kapitalis
    Sistem perekonomian kapitalis adalah sistem perekonomian yang  memberikan kebebasan secara penuh kepada setiap orang untuk melaksanakan  kegiatan perekonomian
  b. Sistem perekonomian liberalis adalah suatu filosofi ekonomi dan politik




  1. KESEMPATAN BISNIS ATAU USAHA
Ada beberapa hal yang harus di perhatikan dalam bisnis dan usaha yaitu :
1.      Penuhi kebutuhan konsumen
2.       Jual Keunikan
3.      Duplikasi Usaha Lain
4.      Beri Fasilitas Tambaha
5.      Jual keterampilan
6.      Jadi Agen
7.      Buka Kantor
8.      Jalankan DS/MLM
9.      Beli Waralaba
10.  Beli Usaha Prospektif
11.  Beli Usaha Sekarat
12.  Buka Lokasi
13.  Usaha Bersama

5.     UNSUR PENTING DALAM AKTIVITAS EKONOMI
*Definisi:
         Menjelaskan variabel(suatu besaran yang nilainya dapat mengalami perubahan).Variabel ini di bedakan menjadi 2 yaitu:           1.Variabel endogenus
                                                                                    2.Variabel eksogenus
*Asumsi:
        Kegiatan ekonomi dan kehidupan perekonomian yang sangat kompleks,sehingga di buat gambaran yang lebih sederhana mengenai suatu hubungan peristiwa dengan faktor yang mempengaruhinya.
6.     *Hipotesis
        Hipotesis adalah pernyataan yang bersifat umum mengenai barang dan jasa.Dan keinginan ini di bedakan menjadi 2,yaitu keinginan yang di sertai kemampuan membeli barang dan jasa.

7.  HAKIKAT BISNIS

1. bahwa dalam bisnis itu ada pertukaran produk dan uang, singkat kata terjadi jual beli. Jadi sebuah bisnis, dikatakan real sebuah bisnis.


2. bahwa bisnis sesungguhnya adalah membantu memberikan nilai tambah dan nilai manfaat yang kita miliki untuk menolong orang lain memecahkan persoalan yang dihadapinya.


  1. MENGAPA PERLU BALAJAR BISNIS
Banyak peluang untuk mendirikan bisnis atau usaha tergantung bagaimana kita dapat memanfaatkan suatu masalah menjadi sebuah peluang usaha yang menguntungkan. Ilmu bisnis diperlukan supaya kita bisa mandiri dan dapat menciptakan suatu perubahan yang juga menguntungkan bagi diri sendiri dan orang lain. Bisnis bukan hanya sekedar untuk mencari keuntungan atau kesuksesan. Namun lebih kepada bagaimana kita menciptakan inovasi terbaru yang dapat diterima masyarakat luas. Karena perkembangan zaman yang semakin pesat juga, pengaruh bisnis semakin kuat dalam kehidupan sehari hari.


Referensi:

http://sagara-zone.blogspot.com
http://melaniapuspa.blogspot.com
http://intazhara-zone.blogspot.com
Griffin R dan Ronald Elbert. 2006. Business. New Jersey: Pearson Education.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar